Thursday 4 July 2013

INTERVIEW: Interview with SISTER MURDER, female death-metal band from Malang (Bahasa Indonesian)

Introduction by John Yoedi (Busuk Webzine): Pada kesempatan kali ini Busuk Webzine barusan saja mendapatkan jawaban interview dari band asal Kota Malang yaitu SISTER MURDER, yang mana mereka telah memainkan konsep musik Slamming Death Metal. Asyiknya para personil ini adalah kaum hawa alias gadis-gadis cantik....wahhh....good idea nih mereka membentuk band metal yang mana musik yang mereka mainkan tentu tidaklah kalah dengan kaum adam hahaha. Band ini terbentuk sekitar 3 tahun yang silam tepatnya pada 21 April 2010...sempat mengalami pergantian personil dan akhirnya sekitar pertengahan tahun 2012 mereka memuntahkan 2 demo lagu yaitu Aborted of Rotten Fetus dan Human Body Dismemberment yang direkam di Virtuso Studio.

Well....nggak usah terlalu banyak basa-basi, mendingan langsung kalian simak saja interview Kami dengan para gadis-gadis cantik ini....let's check it out now. 

John Yoedi: Hello….apakhabar? Terima kasih banyak atas waktunya untuk melakukan wawancara dengan Busuk Webzine. Kieran James (Australia) dan Saya share di blog ini. Baiklah, apa yang telah kalian lakukan untuk sementara ini?

SM: Heloo, kabar kita baik baik aja dan masih semangat aja, yup...sementara ini kita lagi prepare buat bikin mini album.

JY: To start off, bisa nggak kalian perkenalkan current member dari SISTER MURDER? Dan, apakah sebelumnya pernah ada pergantian personil?

SM: Vocalis kita Siska Ade; Gitaris kita Okky Puspa; Basis kita Dewi Jasmine; dan Drumer kita Irma. Yaa...sebelumnya memang ada pergantian personil sebelum menetap di personil sekarang ini.

JY: Dan siapa yang mempunyai ide awal untuk membentuk SISTER MURDER? Dan adakah arti yang sangat signifikan untuk nama band tersebut?

SM: Ide awalnya dari drummer kita. Irma atau biasa di panggil dengan Temon. Yang mempunyai Inspirasi membuat Band bertema kan slamming Deathmetal yang beranggotakan Perempuan. Arti yang sangat signifikan untuk nama band “Sister Murder” ini, yang berartian umum Sister=Saudara perempuan yang punya keterikatan yang kuat . Murder=Pembunuh. Pembunuh dalam artian disini adalah menjelaskan tentang musik kami yang bertema kan keras dan terkait dengan aliran kita.

JY: Band kalian terbentuk sejak tahun 2010. Apakah sejak terbentuknya band ini dan sampai sekarang, adakah mahakarnya yang kalian hasilkan seperti promo/demo album atau full length album? Dan ceritakan sedikit tentang demo album kalian tersebut....tentang proses recordingnya, butuh waktu berapa lama dan sebagainya?

SM: Yup....kita sudah punya Demo lagu. Yaitu 2 lagu yang sudah kita demo kan di Reverbnation.com maupun 4Shared.com.atau di blogspot kita juga ada. Waahh....kalau proses Recordingnya seru banget, waktu kita record hanya 2,5 jam saja, Itu pun dengan situasi yang sangat serius dan sangat tegang...tapi, ya setelah itu kita seneng banget,akhirnya semua jerih payah kita menghasilkan juga.

JY: Serta bagaimana respon dari para death freaks dan media zine sampai sejauh ini?

SM: Ya alhamdulilah lagu kita banyak dinikmati masyarakat underground local maupun interlokal. Tapi, juga ada sebagian masyarakat underground yang memberikan kritik pedas. Kita tidak marah meskipun di kritik pedas. Malah dari situlah kita bisa bercermin dan intropeksi apa yang kurang dari lagu itu. Dan kita tidak berhenti sampai disini saja.kita tetap memperbaiki kesalahan, tetap mewujudkan karya-karya baru.

JY: Seperti yang telah saya baca di bio’s band kalian, yang mana band ini sangat terpengaruh oleh band dari Rusia yaitu Abominable Putridity dan kemudian kalian telah memutuskan untuk memainkan konsep musik slamming death metal. Seberapa besar sih pengaruh band tersebut ke dalam musik band kalian? Adakah band-band slamming lainnya yang memberikan pengaruh?

SM: Yaa inspirasi kita terhadap karya band itu sangatlah besar sekali. Namun, ada sebagian band juga yang menjadi sumber inspirasi untuk karya kita band band local seperti Terminate Verdict, Turbidity, Inverted, Dan Pus Vomit.

JY: Serta apa alasan kalian memutuskan untuk memainkan musik Slamming Death Metal ini?

SM: Yang pertama secara Pribadi dari kita semua, Band Wanita Slamming Deathmetal di Kota Malang, Belum ada. Kita ingin menciptakan nuansa baru di dunia Underground. Yang Kedua, Secara umum dari sudut pandang kita, musik slamming deathmetal energic, enjoy, dan Brutality, dan yang terakhir ada minat, skill, dan keinginan dari kita berempat.

JY: Dan apakah kalian memiliki ciri khas/style music tersendiri daripada menjiplak dari band lainnya?

SM: Yup....kita punya karakteristik tersendiri dalam, memainkan music. Kita membuat dari pihak personil masing-masing mempunyai ciri khas memainkan music, Style saat perform di panggung, Fashion Style yang berkarakter masing-masing. Dan Dalam artian Abominable Putridity, Yang kami jadikan sebagai Influence atau band panutan itu hanyalah sekedar untuk mengukur keahlian kita dalam bermain music yang memang susah susah gampang ini.

JY: Saya ingin menanyakan masalah lirik lagu....Siapa yang biasanya
melakukan penulisan lirik lagu untuk band kalian ini? Menceritakan tentang apa saja lirik lagu tersebut? Dan bagaimana cara kalian mendapatkan sebuah inspirasi dalam hal penulisan lirik lagu tersebut? Apakah dari buku-buku, film atau hal lainnya?

SM: Tentang lirik lagu itu, adalah kita berempat yang menulis, lagu kita yang di demo kan itu, yang pertama berjudul “Aborted of rotten fetus” lagu itu tentang pembunuhan bayi secara aborsi, saat bayi itu masih di dalam kadungan, di remuk-remuk lah bayi itu dengan sebuah tang yang khusus untuk aborsi. Saat itu lah sang ibu menjadi algojo bagi anaknya sendiri. Lagu kita yang kedua berjudul “Human Body Dismemberment” lagu itu tentang kronologis kecelakaan maut yang sering terjadi. Dimana tubuh manusia yang terpotong-potong,tercecer-cecer, dan terpisah-pisah akibat hantaman yang keras. Dari lagu itu, kita terispirasi oleh berita-berita di acara televisi swasta, surat kabar ataupun kisah-kisah pembunuhan aneh yang bisa kita lihat lewat media social.

JY: Dan siapa yang mengarasement musiknya ? Apakah semua personil ikut terlibat dalam hal ini?

SM: Iya. Kita berempat yang mengaransement lagunya. Dan juga dibantu oleh bang Bangun (Inverted) dan bang Lutfi (Soupape pop off).

JY: Sampai sejauh ini kalian sudah manggung dimana saja? Dan di event metal manakah yang paling berkesan menurut kalian?

SM: Sejauh ini kita masih manggung di sekitaran jawa timur. insyaAllah,kalau memang tidak berhalangan, tahun depan kita akan menuju Jawa barat. Event yang paling berkesan adalah saat kita manggung di daerah Krian-Sidoarjo, karena masyrakatnya sangatlah antusias dan respect terhadap music yang kita bawakan. Sampai kita jadi langganan Band yang setiap ada event disana kita akan manggung disana. Dan itu sudah 4 kali kita berkunjung kesana.

JY: Bagaimana tentang scene death metal di daerahmu saat ini? Adakah band-band sadis yang patut diwaspadai dan yang bisa kalian rekomendasikan kepada death freaks semua?

SM: Scene Death metal di Malang sangat menjamur banyak. Yang paling dominan adalah Malang DeathMetal Fest. Band-band sadis di daerah kami sangat banyak. Yang tertua dan masih aktif sampai sekarang ini adalah “Rotten Nommicon” yang patut di teladani.

JY: Just as a side question....Bagaimana menurut kalian tentang Busuk Webzine? Di Busuk Webzine kami telah mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dan selain itu kami juga berusaha untuk selalu update news.

SM: Menurut kami, Busuk Magazine is the most popular magazine and good update news. Dan kami tidak sabar untuk membeli edisi terbarunya. (Ed: Just to confirm...we do not produce magazine but webzine.)

JY: Seperti yang kita ketahui bersama, banyak sekali band-band dari mancanegara yang melakukan tour nya ke Indonesia, seperti Suffocation, Napalm Death, Disgorge (Ca), Misery Index, Dying Fetus, Putrid Pile dan sebagainya. Dan kita harus bangga bahwa di Indonesia memiliki fans death metal yang begitu besar. Bagaimana menurut kalian akan hal ini?

SM: Yah.kami sangat bangga sekali, sangat sangat bangga.

JY: Bisa nggak kalian berikan ‘Top ten list album’ dari band-band slamming death metal sejak tahun kemarin sampai tahun ini?

SM: 1. Abominable Putridity - Remnants Of The Tortured
2. Turbidity - Suffering of human decapitated

3. Kraanium - Double barrel penetration
4. Vulvectomy - Gangrenous Testicluar Deformity
5. Intracranial Butchery - Adipocere Hymn Of Decomposition
6. Cerebal Incubation - Induced Groovitoid Groovitys
7. Terminate Verdict - Pasukan darah berdarah
8. Pus Vomit - Stoned to death
9. Cemetery Rapist - Preteen Bitch With The Itch For Dick
10.Undergod - Kudak kadek

JY: Apa rencana kedepan dari SISTER MURDER? Adakah rencana untuk mempersiapkan materi-materi baru untuk first full length album? Dan kapan sekiranya rencana itu bisa terwujud?

SM: Rencana ke depan kita sih banyak banget ya, tapi untuk mewujudkannya butuh time yang gak sebentar, biar semua nya berhasil dan memuaskan. Untuk kedepannya kita pengen banget buat mini album dan ini sedang dipersiapkan.selanjutnya setelah mini album baru launching full album. Jadi pelan-pelan dan bertahap.insyaAllah tahun depan ini... Amin.

JY: Ok terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab interview dari Busuk Webzine. Sukses selalu untuk SISTER MURDER. Adakah last message untuk para metalheads disini?

SM: You’re welcome, last message: "Hidup metalhead, jaya dan terus berkarya!!"

BUSUK WEBZINE

[Diwawancarai oleh: John Yoedi, 1 July 2013.]
Jika kalian ingin mengetahui lebih tentang band ini, kalian bisa cek link mereka di https://www.facebook.com/pages/SISTER-MURDER/223304137689000

[First published at: BUSUK WEBZINE.

[used with permission]

No comments:

Post a Comment